Pembelajaran Kreatif

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMP

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/ semester : IX/ Genap

Standar Kompetensi : 11. Mampu membaca dan memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca

Kompetensi Dasar : 11.2 Mengubah sajian grafik, tabel atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif

Indikator :

1. Mengidentifikasi isi grafik, tabel, atau bagan

2. Memaparkan isi grafik, tabel, atau bagan ke dalam beberapa kalimat

Alokasi : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa mampu menentukan kalimat yang sesuai dengan isi tabel

2. Siswa mampu menyusun kalimat yang sesuai dengan isi tabel

B. Materi Pokok

Tabel : cara Penyajian data/ informasi yang diformulasikan dalam baris dan kolom. Setiap baris dan kolom memiliki judul sehingga informasi dapat diperoleh dengan melihat titik temu kolom dan baris. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan informasi dalam bentuk tabel di tempat-tempat umum seperti perkantoran, stasiun, sekolah, dll.

Contoh tabel

Jadwal Kereta Api Mutiara Selatan

KA 112 BANDUNG-SURABAYA

KA 111 SURABAYA-BANDUNG

Stasiun

Datang

Berangkat

Stasiun

Datang

Berangkat

Bandung

17.00

Surabaya

16.00

Tasikmalaya

19.50

19.57

Madiun

18.59

19.05

Yogyakarta

01.08

01.57

Solobalapan

20.40

20.45

Solobalapan

02.01

02.05

Yogyakarta

21.36

21.40

Madiun

03.33

05.26

Tasikmalaya

03.26

03.31

Surabaya

06.41

Bandung

06.15

TARIF KA MUTIARA SELATAN Bandung-Solobalapan Rp 110.000

Bandung-Surabaya Rp 120.000

C. Metode Pembelajaran

1. CTL

2. Diskusi kelompok

D. Langkah-langkah Kegiatan Penggunaan Media Pembelajaran

1. Kegiatan awal (10 menit)

a. Sebagai apersepsi, siswa menyebutkan berbagai tabel yang bias dilihat di sekitar. Misalnya tabel daftar pelajaran dan daftar piket di kelas, Tabel daftar nama siswa, tabel agenda kegiatan belajar, dsb.

b. Siswa bersama guru mendiskusikan manfaat tabel dalam kehidupan sehari-hari.

2. Kegiatan Inti (60 menit)

a. Siswa mengamati media gambar tabel yaitu jadwal keberangkatan KA Mutiara Selatan seperti berikut.

Jadwal Kereta Api Mutiara Selatan

KA 112 BANDUNG-SURABAYA

KA 111 SURABAYA-BANDUNG

Stasiun

Datang

Berangkat

Stasiun

Datang

Berangkat

Bandung

17.00

Surabaya

16.00

Tasikmalaya

19.50

19.57

Madiun

18.59

19.05

Yogyakarta

01.08

01.57

Solobalapan

20.40

20.45

Solobalapan

02.01

02.05

Yogyakarta

21.36

21.40

Madiun

03.33

05.26

Tasikmalaya

03.26

03.31

Surabaya

06.41

Bandung

06.15

TARIF KA MUTIARA SELATAN Bandung-Solobalapan Rp 110.000 Bandung-Surabaya Rp 120.000

b. Siswa mendiskusikan informasi yang ditampilkan dalam tabel yaitu informasi mengenai nama kereta api, jurusan kereta api, nama stasiun yang dilewati, jam berangkat dan datang, serta tarif.

c. Siswa secara berkelompok mengerjakan tugas menggunakan media kartu kalimat

1) Setiap kelompok mendapat 18 kartu kalimat (9 kartu yang benar dan 9 kartu yang salah) yaitu:

· Kereta api jurusan Bandung Surabaya bernama Mutiara Selatan

· Kota-kota yang dilalui KA Mutiara Selatan adalah Tasikmalaya, Yogyakarta, Solo, dan Madiun

· KA Mutiara Selatan nomor 112 berangkat dari Bandung pukul 17.00 dan tiba di Surabaya pukul 06.41

· KA Mutiara Selatan nomor 111 berangkat dari Surabaya pukul 16.00 dan tiba di Bandung pukul 06.15

· KA 112 tiba di Yogyakarta pukul 01.08

· KA 111 tiba di Stasiun Tasikmalaya pukul 03.26

· KA 111 berangkat pukul 02.05 dari Solobalapan menuju Surabaya

· KA 112 berangkat pukul 01.13 dari Yogyakarta menuju Bandung

· KA 112 terlambat datang jika tiba di Surabaya pukul 07.05

· Kereta api jurusan Bandung-Jakarta bernama Mutiara Selatan

· Kota-kota yang dilalui KA Mutiara Selatan adalah Tasikmalaya, Yogyakarta, Semarang, dan Madiun

· KA Mutiara Selatan nomor 112 berangkat dari Bandung pukul 17.00 dan tiba di Solobalapan pukul 06.41

· KA Mutiara Selatan nomor 111 berangkat dari Surabaya pukul 16.00 dan tiba di Bandung pukul 07.15

· KA 111 tiba di Yogyakarta pukul 01.08

· KA 112 tiba di Stasiun Tasikmalaya pukul 03.26

· KA 112 berangkat pukul 02.05 dari Solobalapan menuju Surabaya

· KA 111 berangkat pukul 01.13 dari Yogyakarta menuju Bandung

· KA 111 terlambat datang jika tiba di Surabaya pukul 07.00

2) Satu persatu informasi yang ada dalam kartu kalimat dicocokkan dengan tabel. Siswa kemudian memisahkan kartu kalimat yang sesuai dengan kartu kalimat yang tidak sesuai.

3) Secara bergiliran setiap kelompok menampilkan hasil kerja kelompoknya yaitu kalimat yang sesuai dengan isi tabel sementara kelompok lain menanggapinya. Berdasarkan diskusi tersebut akan diperoleh 9 kartu kalimat yang sesuai yaitu:

· Kereta api jurusan Bandung Surabaya bernama Mutiara Selatan

· Kota-kota yang dilalui KA Mutiara Selatan adalah Tasikmalaya, Yogyakarta, Solo, dan Madiun

· KA Mutiara Selatan nomor 112 berangkat dari Bandung pukul 17.00 dan tiba di Surabaya pukul 06.41

· KA Mutiara Selatan nomor 111 berangkat dari Surabaya pukul 16.00 dan tiba di Bandung pukul 06.15

· KA 112 tiba di Yogyakarta pukul 01.08

· KA 111 tiba di Stasiun Tasikmalaya pukul 03.26

· KA 111 berangkat pukul 02.05 dari Solobalapan menuju Surabaya

· KA 112 berangkat pukul 01.13 dari Yogyakarta menuju Bandung

· KA 112 terlambat datang jika tiba di Surabaya pukul 07.05

d. Siswa menyusun kalimat-kalimat baru yang isinya sesuai dengan tabel misalnya kalimat tentang tarif dan jam keberangkatan, setiap siswa membuat 5 kalimat.

e. Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas, sementara siswa yang lain menilai ketepatannya.

f. Siswa memajang hasil pekerjaan individunya.

3. Kegiatan Akhir (10 menit)

a. Siswa dan guru melakukan refleksi kegiatan belajar mengajar yang telah ditempuh.

b. Tindak lanjut berupa tugas mencari contoh tabel yang ada di lingkungan, kemudian membuat 10 kalimat berdasarkan tabel yang diperoleh.

E. Media dan Sumber Belajar

1. Contoh table, grafik, bagan

2. Kartu-kartu kalimat

F. Penilaian

1. Teknik : Tes

2. Bentuk : Tertulis

3. Soal :

a. Cermatilah kartu-kartu kalimat yang telah disediakan. Cocokkanlah informasi dalam kartu kalimat tersebut dengan table yang disajikan. Pisahkanlah kartu yang sesuai dengan yang tidak sesuai.

b. Susunlah 5 buah kalimat baru yang memuat informasi sesuai dengan table yang disajikan.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: